32 tips merawat komputer yang lambat


        
Bagi yang komputernya lambat alias LOLA. heee. Nie aku kasi tips nya dech.
Semoga berguna ya.

Mohon saran dan kritikk nya juga !!!

1.) Untuk mempercepat waktu boot serta meningkatkan performa sistem, gunakan uang yang anda tabung bukan untuk membeli perangkat lunak pendefrag — pendefrag bawaan Windows sudah cukup bagus — sebaliknya perlengkapi komputer anda dengan Hard drive Ultra-133 atau Serial ATA dengan 8-MB cache buffer.
2.) Jika PC anda memiliki RAM kurang dari 512 MB, tambahkan memory lagi. Cara ini relatif tidak mahal dan mudah dalam pemasangan tapi hasilnya dapat meningkatkan performa sistem secara drastis.RAM, bigger are better
3.) Pastikan XP anda menggunakan file sistem NTFS. jika anda masih belum yakin, caranya,klik ganda ikon My Computer, klik kanan drive C: kemudian pilih Properties. Berikutnya, perhatikan tipe File System, Jika tertulis FAT32, maka back-up data-data penting anda. lalu, klik Start, klik Run, ketik CMD, dan klik OK. pada prompt, ketik CONVERT C: /FS:NTFS lalu tekan Enter. Proses ini akan memakan waktu, sangat penting jika komputer tidak terganggu dan bebas dari virus. system file yang digunakan oleh bootable drive bisa FAT32 atau NTFS. saya sangat merekomendasikan NTFS dengan keamanan, ketahanan serta tingkat efesiensinya yang lebih baik ketimbang FAT32.

4.) nonaktifkan layanan peng-index file. layanan indexing service mengekstrak informasi dari dockmen-dokumen dan file-file lain dalam hard disk lalu membuat “searchable keyword index.”-nya. Dapat anda bayangkan, proses ini lumayan dapat memperlambat system manapun.
tujuan sebenarnya agar user dapat mencari berdasarkan sebuah kata, frase, atau properti dalam suatu dokumen, Saat mereka memiliki ratusan atau ribuan dokumen namun tidak mengetahui nama file dokumen yang dicarinya. fasilitas search bawaan XP masih mampu melakukan pencarian jenis ini tanpa menggunakan layanan pengindex. hanya saja memakan waktu lebih lama karena XP harus memeriksa tiap file.
Kebanyakan orang tidak memerlukan pencarian semacam ini. Yang membutuhkan biasanya perusahaan besar yang memiliki ribuan dokumen yang tersimpan dalam (paling tidak) satu server. namun jika anda system builder yang memiliki klien usaha kecil dan menengah. dan jika klien anda tidak memerlukan fitur pencarian semacam ini, saya rekomendasikan untuk meniadakannya.
begini caranya: pertama, klik ganda ikon My Computer. lalu, klik kanan drive C:, kemudian pilih Properties. Hilangkan tanda check pada “Allow Indexing Service to index this disk for fast file searching.” lalu, klik apply, terakhir klik OK. jika warning atau error message muncul (misalnya “Access is denied”), klik Ignore All.
5.) Update driver chipset video dan motherboard PC anda. update dan konfigurasi BIOS-nya juga. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mengkonfigurasi BIOS anda, lihat buku manual motherbard.
6.) hapus isi folder C:/Windows/Prefetch/ setiap tiga bulan. XP bisa mem”prefetch” porsi tiap data-data dan aplikasi-aplikasi yang sering digunakan. ini bisa membuat proses load lebih cepat ketika aplikasi akan digunakan oleh user.namun bila lama tidak dihapus, folder prefetch bisa penuh dengan references ke file-file dan aplikasi yang sudah tidak terpakai/sudah di uninstall.yang justru membuat performa pc anda menurun,karena melakukan pre-load terhadap file2 prefetch. tidak ada yang fatal didalam folder ini..file2 tersebut aman tuk dihapus
7.) disk cleanup, minimal sebulan sekali. Double klik my computer. klik kiri Drive C trus klik properties. Click the Disk Cleanup button — trus delete semua file2 termporary
8.) Didalem Device Manager, doble klik di IDE ATA/ATAPI Controllers device, pastiin DMA di enabled untuk tiap drive. caranya doble klik di Primary IDE Channel. klik Advanced Settings tab. panstiin Transfer Mode di set ke “DMA if available” buat Device 0 dan Device 1. lakukan hal yang sama terhadap Secondary IDE Channel.
9.) ganti kable drive2.teknologi hdd udah makin berkembang,tapi percuma kalo masih pake kable lawas..pastiin pake 80-wire Ultra-133 cable di semua IDE drive , jangan lupa pastiin posisi jumper master/slave.
10.) bersihin spyware dari PC. pake yang gratisan,seperti AdAware by Lavasoft atau SpyBot Search & Destroy. kalo udah di-install, pastiin udah ter-update sebelum scanning.remove semuanya. software2 gratisan yang butuh spyware buat jalan ga bakal jalan lagi kalo masih pengen pake meskipun udah tau ada spywarenya, install lagi aja.
11.) uninstall program2 yg ga kapake/ga penting.
12.) jangan lupa remove juga item2 yang dimasukin ama program tersebut dari windows start up pake MSCONFIG utility. caranya: klik Start>Run>ketik MSCONFIG, trus klik OK. plilih start up tab,uncheck item yang ga pengen mulai saat windows start.kecuali antivirus pastinya, kalo ragu2 googling pake kata kunci dari nama item tersebut.
13.) matiin windows animations, trus disable active desktop. caranya klik system icon di control panel.klik Advanced tab. select Settings button (dibawah performance).
14.) (bukan promosi) pake Tweak XP buat utak atik registry biar ga pusing…hampir semua menu n item ddlm tweak xp adalah shortcut buat ngerubah registry yang bisa ningkatin performa pc…
15.) update, update, update, update ur operating systems. caranya aktifin microsoft auto update atau pergi ke situs microsoft
16.) update anti-virus software secara teratur.pastiin pake satu jenis anti virus. Mixing/combine anti-virus software merupakan jalan bebas hambatan buat nurunin performa n reliablity.
17.) xp punya banyak fonts, berapa banyak yang kita pake dalam satu waktu, bagusnya pastiin ga lebih dari 500 fonts di pc kamu, makin banyak fonts yang ada makin lambat pc kamu.
18.) jangan bikin partisi. file system NTFS berjalan lebih efisien di dalem 1 partisi yang gede. toh datanya ga bakalan lebih aman kalo di taruh di partisi yang beda karena untuk reinstall windows sebenrnya ga perlu re-format. sama aja kayak naruh semua file di drive D: ama naro semua file di dalem folder C:/my documents/File Gua/ toh kita bisa bikin struktur folder yang sama baik didalem partisi maupun folder. lagian free space-nya ga akan kepotong ama partisi(tiap2 partisi butuh space buat nyimpen informasi/MFT)-careful on this step, you could lost your files….
19.) pastiin ram masih optimal. test pake MemTest86.bisa pake bootable CD atau diskette, program tsbt bakal njalanin 10 test yang lumayan extensive buat ram. seenggaknya tunggu sampai test ke tiga (kalo ga sabar dari pada nunggun sampe test ke 10)kalo program nemuin error, matiin PC, cabut kabel, pake sandal japit, cabut rammnya (w anggep u punya ram lebih dari dua) trus jalanin lagi testnya. memory yang error ga bisa dibenerin, diganti bisa…
20.) update firmware cd/dvd drive….bisa dicari di paman google or http://www.x-drivers.com/catalog/bios_firmware/index.html
21.) disable services yang nggak kpake. Windows XP nge-load services yang sbenernya belum tentu kita butuhin.check ke situs http://www.blackviper.com buat konfigurasi Windows XP.
22.) pisahkan proses explorer, caranya buka windows explorer, klik tools,klik view, cari “Launch folder windows in a separate process” trus cheklist n tekan ok
23.) seenggaknya, setahun sekali minta maaf ma kedua orangtua terutama ibumu, hehehehe. maksudnya bersihin daleman PC. skalian pastiin kipas2nya masih bisa muter optimal, jangan lupa buat ngecek kapasitor, mungkin ada yang meledak atau bocor, atau gosong..
bakalan kerasa deh perbedaanya, komputer yang terawat ama komputer yang tidak terawat.
jangan lupa buat defrag hardisk secara reguler, file2 jadi lebih cepat dipanggil dan gampang dipulihin/direstore kalo hardisk jebol.
moga2 bisa bermanfaat……untuk kesejahteraan komputer…

0 komentar:

Poskan Komentar